Transfer File Menggunakan SCP dan SFTP di Linux

Melanjutkan tutorial saya yang kemarin Konfigurasi SSH Server. OpenSSH juga menyediakan aplikasi yang berfungsi sama seperti rcp dan ftp, yaitu scp dan sftp yang memiliki keunggulan dimana semua koneksi yang berlangsung diantara sistem di enkripsi sehingga koneksi dan transmisi data menjadi lebih aman dan terlindungi.

scp digunakan untuk melakukan penyalinan berkas jauh terenkripsi, sedangkan sftp digunakan untuk melakukan koneksi FTP terenkripsi.

Contoh penggunaan scp

$ scp ./namafile.txt coba@example.web.id:/home/coba/namafile.txt

Perintah diatas akan menyalin berkas namafile.txt di direktori lokal pada sistem lokal ke direktori pangkal dari pengguna coba di remote server example.web.id dengan menggunakan akun coba. Sehingga untuk menyalin berkas dengan arah sebaliknya, yaitu menyalin berkas /home/coba/namafile.txt dari remote server ke sistem lokal maka perintah yang digunakan adalah

$ scp coba@example.web.id:/home/coba/namafile.txt ./namafile.txt

Perintah scp memiliki beberapa opsi yang dapat digunakan. Berikut adalah opsi tersebut

-p Menjaga informasi waktu modifikasi, akses, dan mode dari berkas yang disalin.

-r Melakukan penyalinan secara rekursif. Berguna untuk menyalin seluruh isi direktori.

-C Mengaktifkan mode kompresi SSH.

Kamu tidak bisa menggunakan opsi -p untuk menjaga kepemilikan berkas dengan menggunakan scp. Jadi ketika berkas di salin ke sistem lain, berkas tersebut akan dimiliki oleh pengguna yang masuk ke sistem tersebut.

Tool lain yang disediakan oleh OpenSSH adalah sftp. sftp memiliki fungsi yang identik dengan ftp. Untuk melakukan koneksi sftp ke server remote, klien perlu menjalankan koneksi sftp.

Menjalankan sftp

$ sftp coba@example.web.id

Ketika kamu sudah berhasil masuk sebagai pengguna sftp, maka kamu dapat melakukan perintah ftp seperti put, ls, dan cd. Secara default sftp akan masuk ke ssh menggunakan port 22. Untuk menggunakan sftp dengan menggunakan port lain, maka perintah sftp menjadi seperti berikut

$ sftp -P 1234 coba@example.web.id

dah gitu aja, see ya~